Mitos Atau Fakta Dalam Masyarakat – Paranormal Nusantara

7703
779
mitos atau fakta
mitos atau fakta

fakta atau mitosMitos Atau Fakta Dalam Masyarakat – Banyak sekali mitos atau fakta dalam Masyarakat yang beredar. tidak hanya sampai disitu, meski kebenarannya masih di pertanyaakan(Mitos atau fakta), banyak penduduk yang sangat memepercayaai mitos tersebut. Apalagi mitos-mitos dikalagan masyarakat Jawa. Bisa dibilang Jawa adalah gudangnya mitos-mitos dalam Masyarakat Indonesia. Dalam Postingan kali ini saya (Penulis) akan memberikan beberapa mitos-mitos dalam masyarakat yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari.

1. Mitos atau fakta yang pertama, Berpindah tempat sewaktu makan.
Mitos dalam Masyarakat yang pertama adalah Berpindah tempat sewaktu makan. Orang tua zaman dahulu pasti sering melarang kita berpindah-pindah tempat ketika makan. Tahu kenapa? karena akibatnya kelak kita bisa mendapat ibu tiri. Konon katanya tempat kita pindah mempengaruhi watak atau sifat dari ibu tiri kita. seperti kita berpindah tempat yang lebih buruk dari sebelumnya, misal asalnya makan di meja makan lalu pindah ke kamar mandi (ngapain makan dikamar mandi), maka sifat dari ibu tiri kita akan buruk dan jahat terhadap kita. Kecuali kita berpindah ke tempat yang lebih bagus, kelak akan mendapat ibu tiri yang baik.

2. Mitos atau fakta, Berselimut dengan tikar.
Mitos selanjutnya adalah berselimut dengan tikar. Entah apa alasan dari mitos selimut dengan tikar ini, menurut kepercayaan orang tua dahulu berselimut dengan tikar dapat berakibat kalau anda akan digulung ombak ketika mandi di laut. lagipula tikarkan igunakan sebagai alas, ngapain juga digunakan sebagai selimut.

3. Mitos atau fakta, Berfoto bersama dalam jumlah ganjil.
Entah darimana asal Mitos ini namun banyak yang menyebutkan bahwa Akibatnya salah satu yang berfoto akan cepat meninggal, biasanya yang ditengah. Untuk mitos dalam masyarakat yang satu ini cukup sering didengar. banyak dari film-film horor Indonesia yang menggunakan mitos ini dalam sceennya.

4. Mitos atau fakta, Gadis keramas di hari Sabtu.
Akibatnya akan mendapatkan suami penyiksa dan suka jahat terhadap istrinya. Mitos dalam Masyarakat yang ini sangat aneh, entah apa hubungan hari sabtu dengan keramas ya? namun saya pernah dengar cerita zaman dahulu saat Allah melarang sebuah umat untuk mencari ikan di hari sabtu, nanti saya cari ceritanya ( agak lupa nih soalnya).

5. Mitos atau fakta, Bernyanyi atau bersiul saat makan.
Konon kalau anda bernyanyi atau bersiul saat makan maka anda akan mengalami kegagalan saat berusaha. kalau menurut saya sih ini masih tergantung dengan keseriusan orang dalam mengembangkan usaha. yang pasti kalau bernyanyi atau bersiul saat makan itu yang didapat adalah keselek makanan.


Baca Juga :


6. Mitos atau fakta, Menggunting kuku dimalam hari.
Menurut kepercayaan orang daerah Sulawesi menggunting atau memotong kuku di malam hari berarti sama saja mendoakan agar orang tua berumur pendek, namun menurut kepercayaan daerah lain aktifitas ini dipercaya membuat usia lebih singkat. Jadi inti dari mitos dalam masyarakat yang satu ini membuat umur pendek, entah siapa dia bapak, ibu, adik, kakak akan berumur pendek.

7. Mitos atau fakta, Mata kanan kedut-kedutan
Kalau mitos yang satu ini bisa dibilang sangat populer dalam masyarakat. Mata kanan mengalami kedutan itu menandakan bahwa kita mendapatkan duit atau rezeki, benarkah? ya semua ada yang ngatur, rezeki, jodoh, mati ada yang ngatur.

8. Mitos atau fakta, Bulu mata ada yg jatuh atau rontok
Mitos dalam Masyarakat yang ini juga sudah populer dalam kehidupan kita. Konon pertanda dari bulu mata yang rontok berarti ada seseorang yang kangen sama kita. Adapula yang mengatakan kalau bulu matanya ditepuk ditelapak tangan, maka seseorang yang kangen tersebut akan merasakan kaget tiba-tiba.

9. Mitos atau fakta, Bersin tanpa ada sebab
Selain Mitos telinga berdengung dan lidah yang tergigit secara tidak sengaja, konon orang tua zaman dahulu juga menggambarkan bersin tanpa ada sebab sebagai pertanda bahwa ada seseorang yang kangen sama kita. Adapula yang mengatakan bahwa ada seseorang yang sedang membahas tentang diri kita.

10. Mitos atau fakta, Mengintip orang lain mandi
Nah untuk mitis dalam masyarakat yang ini mungkin mitos yang paling banyak dipercaya hingga sekarang, ingat kan dulu kakek nenek kita bilang kalau mengintip orang mandi maka mata akan bintitan, yah walaupun tidak terbukti secara ilmiah namun tetap saja Mitos ini banyak dipercaya oleh masyarakat kita.

11. Mitos atau fakta, Mengantongi batu di kantong kanan
Pernah dengar mitos soal mengantongi batu? kabarnya jika kita mengantongi batu di kantong kanan maka kita dapat menahan keinginan untuk BAB. Entah darimana asal usul mitos ini namun seingat saya saat saya masih SD ada yang menyarankan seperti itu. Dan saya yakin mitos ini masih berlaku bagi orang-orang yang mempercayainya.

masih banyak sekali mitos- mitos atau fakta dalam masyarakat yang terdengar aneh dan melegenda. Namanya juga Mitos ya belum tentu terbukti kebenarannya. Namun hingga kini beberapa mitos atau fakta diatas memang masih banyak dipercaya oleh masyarakat kita. saya yakin anda pasti sering dengar soal mitos mitos diatas.

898 kali dilihat, 17 kali dilihat hari ini