Cerita pesugihan Dewi Lanjar Sari, Sang penguasa laut utara Jawa.

0
160
cerita pesugihan

Cerita pesugihan Dewi Lanjar – Pantai Slamaran yang terletak di kota Pekalongan Jawa tengah adalah salah satu tempat ritual pesugihan yang sudah sangat terkenal. Cerita pesugihan dari kota yang juga terkenal dengan batiknya ini, Konon adalah ditujukan oleh Ratu penguasa pantai laut utara jawa tengah yang bernama Dewi lanjar sari.

Masyarakat sekitar pantai Slamaran ini sering memperbincangkan tentang cerita pesugihan Dewi lanjar sari ini. Banyak orang yang datang kesana dan percaya bahwa, sang Dewi lanjar sari ini dapat membatu memecahkan masalah kehidupan, terutama masalah ekonomi dengan sekejap. Tentu saja hal semacam ini tidak akan lepas dari adanya tumbal dan syarat tertentu, yang harus dipersembahkan sang pemburu pesugihan. Konon katanya syarat yang harus di serahkan sebagai tumbal adalah beragam, dari mulai hewan ayam, kambing, kerbau hingga tumbal yang berupa nyawa manusia baik tetangga, teman, musuh, bahkan anggota keluarga.

Cerita Pesugihan : Asal Usul Dewi Lanjar Sari Dari Pantai Slamaran

Sepertinya memang cerita tentang asal usul Dewi lanjar sari ini tak banyak diketahui oleh banyak orang seperti Kanjeng Ratu Kidul. Masyarakat Pekalongan percaya Cerita pesugihan Dewi Lanjar ini bermula dari kisah seorang gadis bernama Dewi Rara Kuning. Mereka juga nampaknya percaya bahwa Dewi rara kuning ini menjadi tidak berlapa lama setelah pernikahannya, hal ini di sebabkan karena suaminya meninggal dunia. Hal ini lah yang membuat Dewi Rara Kuning di jululuki Dewi Lanjar sari yang memiliki arti seorang wanita janda belia.

Penderitaan yang dia alami semakin berat setelah dia menjadi janda, dan kemudian memutuskan untuk pergi meninggalkan kampung halamannya. Hal ini dia lakukan untuk menghilangkan kesedihan yang dia rasakan. perjalan Dewi lanjar terus berlanjut hingga ia tiba di ujung kali opak. Ditempat tersebut Dewi lanjar bertemu dengan panembahan senopati yang terkenal ternyata adalah Raja dari kerajaan Mataram. Raja mataram ini bersemedi di atas air sungai, mengambang di atas air kali opak ini.


Baca Juga :


Rara Kuning mendapatkan wejangan dari panembahan senopati untuk bersemedi di pinggiran pantai selatan hingga di temui oleh kanjeng ratu kidul. Tanpa banyak berfikir, Dewi Lanjar segera bergegas menuju pantai selatan. Singakt cerita ternyata Dewi lancar mampu menemui Kanjeng ratu kidul atas ketekunannya bersemedi di pinggiran pantai selatan, seperti yang di perintahkan sang pangeran Mataram. Inilah awal dari cerita pesugihan Dewi lanjar yang dipercaya oleh masyarakat sekitar Pantai slamaran Pekalongan.

Setalah pertemuan Dewi lanjar dengan Kanjeng ratu kidul, Dewi lanjar diperintahkan untuk menggoda seorang pemuda yang bernama Raden Bahu. Diceritakan pada saat itu Raden Bahu sedang melakukan pembukaan hutan untuk mendirikan sebuah kerajaan. Namun usaha Dewi Lanjar beserta Ribuan pasukan Kanjeng ratu kidul berbuah kegagalan. Dewi lanjar malu dan enggan untuk bertemu dengan Kanjeng ratu kidul. Kanjeng ratu kidul menyadari hal ini dan memerintahkan utusan untuk menyampaikan perintah kepada Dewi lanjar. Isi dari perintah ini adalah untuk mendirikan kerajaan gaib di pantai laut utara jawa.

Lambat laun masyarakat sekitar pantai Slamaran mempercayai bahwa Dewi Lanjar merupakan ratu penguasa pantai utara yang berparas cantik sempurna. Mempesonakan setiap siapa saja yang melihatnya. Hal ini juga didukung oleh anggapan yang di percaya oleh masyarakat sekitar. Bahwa ketika ada kecelakaan (orang yang terseret ombak) itu adalah kehendak dari Dewi Lanjar yang menjadikan korban tersebut sebagai pengikutnya.

Fakta Cerita Pesugihan Dewi Lanjar Sari, Sang Penguasa Laut Utara Jawa.

cerita pesugihanCerita pesugihan Dewi lanjar juga tak muncul begitu saja tanpa adanya sebab. Hal inilah yang menambah rasa kepercayaan masyarakat sekitar. Meskipun hanya berdasarkan cerita pesugihan dari mulut ke mulut. Nampaknya tak mengurangi kepercayaan bahwa, sesiapa yang melakukan tirakat dan semedi hingga bertemu dengan sang penguasa laut utara ini. Akan mendapatkan imbalan yang berupa kekayaan atau harta. Begitulah Cerita pesugihan yang hingga kini masih beredar.

Cerita pesugihan dengan cara menjadi sekutu Dewi Lanjar ini di mulai ketika si pemohon pesugihan tersebut membuat perjanjian persembahan tumbal nyawa keluarga maupun diri sendiri. Setelah perjanjian menemukan kesepakatannya, Dewi Lanjar akan memberikan mereka pinjaman berupa uang. Cerita pesugihan tidak sampai di situ saja, konon juga di ceritakan si pemohon pesugihan akan mempunyai nasib yang tragis setelah berhasil mendapatkan pesugihan. Orang yang melakukan pesugihan akan di ikuti oleh dua makhluk gaib suruhan Dewi Lanjar yang menggunakan kereta kuda. Setelah kejadian tersebut biasanya salah seorang dari anggota keluarga telah meninggal tanpa sebab yang jelas keesokan harinya. Masyarakat Pekalongan percaya bahwa ini adalah tumbal nyawa yang diinginkan Oleh Dewi Lanjar.

Cerita Pesugihan : Kerajaan Gaib Laut Utara, Yang menjadi singgasana Dewi Lanjar Sari.

cerita pesugihanSelain cerita pesugihan Dewi Lanjar yang terkenal. Di lansir dari beberapa orang yang memiliki kemampuan menerawang dunia lain. Bahwa kerajaan gaib yang menguasai laut utara yang dipimpin oleh Dewi Lanjar Sari ini berpusat di pantai Slamaran Pekalongan. Menurut cerita pesugihan dari penduduk sekitar, Pantai Slamaran adalah pintu gerbang menuju Kerajaan Dewi Lanjar. Hal ini lah yang menjadi alasan banyaknya orang yang percaya dengan cerita pesugihan Dewi Lanjar. Kemudian memohon pesugihan dan tujuan lainnya dari Dewi Lanjar di pantai Slamaran.

Tembok tembok tebal nan tinggi serta berhiaskan pernik dan permadani mencolok berwarna keemasan, menjadi tanda kebesaran kekuasaan Dewi Lanjar. Penjagaan yang dilakukan lebih dari puluhan ribu prajurit lengkap dengan pedang dan perisai layaknya kerajaan terdahulu.  Juga kian menambah kesan kokohnya kerajaan yang terkenal dari cerita pesugihan nya ini.

Konon terdapat dalam kerajaan Dewi Lanjar ini terdapat empat aliran mata air yang bermuara. Ditempat tersebut terdapat Jembatan yang menghubungkan antara bangunan utama dan bangunan sebelah nya. Diceritakan pula bahwa jembatan tersebut terbuat dari manusia, yang selama hidupnya mengabdi kepada Dewi Lanjar untuk mendapatkan pesugihan.

Itulah sedikit tentang cerita pesugihan Dewi Lanjar yang bisa saya sampaikan. Tentu saja dari cerita pesugihan ini kita dapat mengerti bahwa pesugihan yang mengandalkan ilmu hitam atau bersekutu dengan makhluk gaib adalah sangat beresiko. Namun jika Anda menginginkan Pesugihan yang aman, Anda bisa mengunjungi Mustika Pesugihan Dewi Lanjar. Semoga Bermanfat.

Paling Banyak Dibaca :

350 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini