Cara Mendapatkan Kemudahan Rejeki Tiada Henti

0
50

Cara Mendapatkan Kemudahan Rejeki Tiada Henti – Kita semua tau ada tiga perkara yang sudah Allah tentukan sejak manusia belum dilahirkan, yaitu perkara, maut, jodoh, dan rezeki, meski rezeki manusia bersifat mutlak, rezeki tetaplah harus dijemput dengan usaha yang halal, karena tidak semua manusia yang dilahirkan ke dunia ini dalam keadaan berada, setiap manusia memiliki jalannya sendiri sendiri untuk mendapatkan rezeki yang telah Allah tetapkan . salah satu caranya adalah dengan mendekatkan diri kepada Allah, banyak amalan amalan yang bisa manusia terapkan untuk memperlancar rezeki. berikut tips Doa Mohon Kemudahan Dan Kelancaran Rezeki.

1. Perbanyak Dzikir

Dzikir adalah jalan pintas termudah untuk mendekatkan diri kepada Allah. Pintu rezeki akan mudah terbuka dengan sering berdzikir. Dzikir tidak terbatas ruang dan waktu, bisa dilakukan dimana saja , kapan saja, sambil apa saja. Tips doa mohon kemudahan dan kelancaran rezeki dengan dzikir ini bukan berarti hanya komat-kamit membaca serangkaian kata-kata berbahasa arab, tapi berdzikir juga harus menghadirkan Allah didalamnya, mengerti makna dari lafal lafal yang dibaca.
Dalam qur’an Allah Subhana hua ta’ala berfirman yang artinya:

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QA. Ar Ra’d: 28).

2. Berinfak dan Shadaqah

Apa yang menjadi milik kita adalah titipan Allah swt. Sudah seharusnya kita menggunakan apa yang diberikan kepada kita dijalan Allah swt. Untuk mendekatkan diri kepada Allah swt. Agar Apa yang diberikan Allah swt. Bermanfaat baik didunia maupun untuk kehidupan di akhirat. Disamping Doa mohon kemudahan dan kelancaran, maka berinfak dan Shadaqah tidak akan membuat rezeki yang Allah turunkan untuk kita menyempit melainkan berinfak dan shadaqah akan memperlancar serta memperluas pintu rezeki kita. Berinfak dan Shadaqah ibaratnya adalah memberi pinjaman kepada Allah, sehingga akan Allah gantikan dengan yang berkali lipat ganda untuknya yang menginfakkan rezekinya dijalan Allah.

Dalam Alquran Allah telah berfirman:

“Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan (di jalan Allah) maka pahalanya itu untuk kamu sendiri dan janganlah kamu membelanjakan sesuatu melainkan mencari keridhaan Allah, dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan, niscaya kamu akan diberi pahalanya dengan cukup sedangkan kamu sedikitpun tidak akan dirugikan “(Q.S.Al Baqarah : 272).
Maka jangan sekali kali lagi meragukan nikmat yang Allah berikan apabila kamu bershadaqah.

3. Shalat Dhuha

Shalat dhuha merupakan salah satu shalat sunnah yang sangat dianjurkan, sebab shalat dhuha merupakan salah satu pembuka jalan rezeki dan termasuk sebagai salah satu doa mohon kemudahan dan kelancaran. Dalam sebuah hadits rasulullah saw. bersabda : Sesungguhnya Allah berfirman: “Wahai anak adam, laksanakan untukKu 4 rakaat di awal siang, Aku akan cukupi ‎dirimu dengan shalat itu di akhir harimu.” (HR. Ahmad 17390, dan dishahihkan al-Albani dalam Shahih Targhib wat Tarhib 666 dan Syuaib al-Arnauth).‎

4. Membaca Surat Al-waqiah

Surat Alwaqiah bisa menjadi salah satu jalan memperlancar rezeki. Hadits riwayat Abu ya’la dan ibnu asakir menyebutkan: “Barangsiapa membaca surat Al Waqiah setiap malam, dia tidak akan menderita kemiskinan selama-lamanya.” Maka dari itu kami masukan juga sebagai doa mohon kemudahan dan kelancaran rezeki.

Selain itu Imam Jafar juga menyebutkan “Barang siapa membaca surat Al Waqiah di waktu pagi ketika keluar dari rumahnya untuk bekerja atau untuk mencari kebutuhan, maka Allah taala akan mempermudah rezekinya dan mendatangkan hajatnya. Dan barang siapa yang membaca surat Al Waqiah di wktu pagi dan sore, maka ia tidak akan kelaparan dan kehausan. Dan tidak akan takut terhadap orang yang akan memfitnah, sedangkan fitnahnya kembali ke orang itu.” (Khazinatul Asrar Kubra hal 360)

5. Bershalawat

Sebagai umat Rasulullah saw. kita harus membuktikan kecintan kita kepada beliau, salah satunya adalah dengan bershalawat. Jadikanlah shalawat kebiasaan untuk mengiringi setiap dzikir kita, maka akan Allah turunkan rezeki kepada hambanya yang bertaqwa. Ada sebuah hadits menyebutkan :

Artinya: “Bershalawatlah kamu kepadaku, karena shalawatmu itu menjadi zakat (penghening jiwa pembersih dosa) untukmu.” (HR. Ibnu Murdaweh)

Salah satu shalawat yang bisa kita terapkan untuk memperlancar rezeki kita adalah shalawat berikut:
Allahumma shalli’alaa sayyidinaa Muhammadin wa man waa lahu’adada maa ta’lamuhu min bad-il amri ilaa muntahaahu wa’alaa aalihi wa shahbihi wa sallim

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam kepada junjungan kami Muhammad dan para pembelanya, sebanyak apa yang Engkau ketahui dari awal semua urusan hingga akhirnya. Juga kepada keluarga dan sahabatnya.”

6. Bangun pagi dan Tidak kembali tidur setelah shalat shubuh

Terdengar sepele memang, bangun pagi dan tidak tidur lagi setelah melaksanakan shalat shubuh. Tapi ini memang benar adanya.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Ahmad dan al-Baihaqi, diceritakan bahwa ketika Rasulullah pulang dari shalat Subuh di Masjid Nabawi, beliau mendapati putrinya, Fatimah, masih tidur-tiduran. Dengan penuh kasih sayang lantas beliau menggerakkan badan putrinya itu sembari berkata, ”Wahai anakku, bangunlah, saksikan rezeki Tuhanmu dan janganlah kamu termasuk orang yang lalai karena Allah membagikan rezeki kepada hamba-Nya, antara terbit fajar dengan terbit matahari.”

7. Silahturahim

Bagaimana bisa silaturahim memperlancar rezeki? Dengan memiliki hubungan baik dengan sesama manusia maka Rezeki akan mudah dicari. Apalagi, dengan kita berbuat baik kepada orang lain tentu saja orang lainpun akan berbuat baik kepada kita. Hal ini dibuktikan dengan hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibbaan 2/181-182 no. 439 dengan sanad hasan:

“Barangsiapa yang suka diluaskan rizkinya dan ditangguhkan ajalnya, hendaklah ia bertaqwa kepada Allah dan menyambung silaturahim”.

8. Hijrah (berpindah tempat)

Apabila rezeki kita dipersempit dalam suatu tempat maka tidak ada salahnya kita hijrah (merantau/ berpindha tempat) untuk menemukan rezeki kita. Hijrah memiliki peluang agar kita dapat menjadi seseorang yang lebih mandiri dan pekuang untuk meraih kesuksesan yang tidak kita dapat ditempat sebelumnya. Maka disamping dengan doa mohon kemudahan dan kelancaran rezeki berarti dengan Hijrah ini merupakan bukti konkrit keseriusan kita mencari penhidupan yang lebih baik.

Allah berfirman:
“Barangsiapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rezeki yang banyak.” (QS. An-Nisa : 100)

Jadi bagaimana? Bukankah menjemput rezeki yang sudah Allah tuliskan untuk kita adalah mudah? Lalu kenapa kita masih bermalas-malasan. Allah saja sudah mempermudah, kenapa kita harus mempersulitnya? Allah sudah menjamin keberkahan pada siapa siapa saja yang mau mencari keberkahan dijalan-Nya. Maka kita sebagai makhluknya harusnya bisa menerapkan apa yang baik untuk diri kita.

Semoga apa yang disampaikan diatas bisa menjadi manfaat untuk kita semua, sehingga kita bisa sama sama menjemput keberkahan yang Allah kirimkan untuk kita.

 193 total views,  1 views today